Kamis, 21 Mei 2009

Tips Singkat Membeli Laptop

MEMILIKI laptop membikin hidup menjadi bebas dan nyaman. Dengan komputer jinjing ini, sobat tetap bisa bekerja ke mana pun sobat pergi. Begitu pun di perjalanan sobat masih bisa menggunakannya. Pengeluaran memang sedikit lebih besar untuk laptop ini dibandingkan untuk PC desktop, tetapi kenyamanan senilai dengan biaya ekstra tersebut.
Di bawah ini saya disajikan tips singkat bila sobat akan membeli laptop atau notebook.

1. Ukuran Layar
Jika sobat biasa menggunakan monitor desktop berukuran besar, sobat dapat memilih laptop dengan layar yang lebih besar. Layar berukuran 15 inchi merupakan ukuran standar, tetapi ada juga layar 17 inchi, yang tentunya perlu tambahan biaya. Kini beberapa merek telah menawarkan layar berukuran 19" dan 20". Jika sobat memerlukan atau menginginkan sebuah layar besar, pertimbangkan ini, terutama jika sobat memilih laptop sebagai pengganti desktop. Sebuah monitor layar lebar bisa menjadi pilihan terbaik jika laptop sering dipakai memutar film, atau membuka dua aplikasi secara berdampingan.


2. Fitur Jaringan
Salah satu fitur populer yang menarik minat orang membeli laptop adalah akses internet nirkabel. Dengan akses nirkabel, sobat dapat mengakses Internet di mana pun selama ada fasilitas "hotspot" (kawasan dimana publik bisa menggunakan sinyal Internet, baik membayar ataupun gratis). Dengan fitur ini, sobat bisa juga membuat jaringan rumah dan mengakses Internet di tempat manapun di rumah sobat. Kebanyakan laptop memiliki slot untuk kartu jaringan ini, namun jika tidak ingin repot cari yang sudah built-in.

3. Kebutuhan Baterai
Laptop dan baterai tak bisa dipisahkan, karena sifatnya portabel inilah batere menjadi hal yang sangat penting untuk sebuah laptop. Bekerja di perjalanan atau di suatu area yang tidak menyediakan colokan listrik, laptop membutuhkan catu daya yang lebih dari sekadar standar. Jadi jika sobat sering menggunakan laptop jauh dari sumber daya listrik, pastikan memilih laptop dengan fitur baterai tahan lama.

4. Garansi dan Layanan
Perusahaan komputer dan penjual memiliki berbagai garansi dan layanan untuk laptopnya. Jika ada kerusakan, beberapa perusahaan bersedia mengganti laptop dengan yang baru, ada juga yang mengirimnya ke pusat layanan, sementara yang lainnya mendatangi rumah untuk perbaikan di tempat. Selain itu, pastikan berapa jangka waktu yang diperlukan untuk perbaikan tersebut. Pastikan juga cakupan garansi dan layanan ini, apakah mencakup hardware dan softwarenya. Beberapa perusahaan menawarkan layanan sekunder jika laptop terjatuh atau tersiram dengan tidak sengaja. Sobat bisa mempertimbangkan kebijakan kedua ini jika ditawarkan.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar