Senin, 30 Maret 2009

Chatting Berbasis Web

DARI dulu hingga kini, jaringan internet kebanyakan oleh penggunanya dimanfaatkan untuk chatting. Dulu mIRC sempat populer sebagai aplikasi untuk ngobrol di dunia maya ini, sekarang program sederhana ini sudah banyak ditinggalkan dan digantikan oleh yang namanya Internet Messenger (IM). Saat ini IM jumlahnya cukup banyak, Yahoo! Messenger tercatat sebagai IM terbanyak penggemarnya, yang lainnya bisa disebutkan seperti AIM (AOL's Instant Messenger), Google Talk, MSN Messenger, ICQ, Skype dan Camfrog. Ada satu kesamaan dari IM-IM yang disebutkan di atas, untuk bisa digunakan, sobat harus meng-install terlebih dahulu programnya di PC, dan tentunya juga perlu daftar (sign up).


Bagi sobat yang tidak ingin direpotkan dengan install meng-instal software ke dalam komputer, ada solusi yang sangat praktis yaitu menggunakan IM berbasis web, jadi sobat hanya perlu satu program browser (Firefox misalnya) untuk bisa chatting, artinya dimana pun sobat berada bisa melakukan chatting asal ada jaringan internet. Ada banyak situs yang menyediakan fasilitas ini seperti Meebo (www.meebo.com), KoolIM (www.koolim.com), eBuddy (www.ebuddy.com), verticallimits (http://verticalimits.uni.cc), atau Yahoo Messenger versi web (http://webmessenger.yahoo.com).

Meebo adalah salahsatu IM berbasis web dan multi-platform yang cukup menarik, selain mendukung enam IM paling top saat ini juga kompatibel dengan kebanyakan web browser. Tidaklah salah bila PC Mag memasukkan Meebo sebagai software gratis terbaik tahun ini.

Untuk mulai menggunakan Meebo cukup mudah, tinggal kunjungi situsnya (www.meebo.com), dan bila sobat sudah memiliki akun dari salah satu IM (AIM, Yahoo!, MSN, Google Talk, ICQ, atau Jabber) sobat tinggal log-in dengan masukkan user name dan password-nya, bisa juga membuat akun baru di Meebo.

Begitu sobat berhasil log-in ke Meebo, sebuah jendela daftar teman (Buddy List) akan muncul di dalam browser. Daftar ini berisi nama-nama seluruh teman dari berbagai layanan IM. Seperti halnya IM tradisional, sobat bisa mengatur daftar ini, mengakses profil teman, melihat aktif tidaknya teman, mengedit grup dsb.

Dari menu references, Meebo bisa diubah-ubah latar belakangnya dengan tema yang bervariasi. Tanda suara, histori, emoticon dan filter juga bisa di-setting. Mau pilihan bahasa Melayu juga ada, termasuk bahasa Jawa (serius lho!). Bagi penggila jaringan pertemanan yang saat ini sedang heboh, Meebo juga mendukung Facebook IM dan MySpace.

Meebo menyediakan fitur-fitur menarik seperti Meebo Rooms, Meebo Community, Meebo Me yang memperbolehkan pengguna untuk menampilkan sebuah versi Meebo di blog atau situs web pribadi. Meebo juga memiliki kemampuan sign-in tak terlihat (Invisible) dan memperbolehkan pengguna menggunakan beberapa jasa pengirim pesan instan secara bersamaan. Untuk menembus firewall, Meebo meluncurkan Meebo repeater, sebuah alat yang memungkinkan pengguna mengatur proxy sendiri untuk mengakses layanan Meebo di Windows.

Kekurangan Meebo hanya pada pengiriman pesan secara offline, pada Windows Live Messenger dan Yahoo! Messenger (YM) kondisi ini bisa dilakukan, sementara Meebo hanya mengirimkan pesan ketika percakapan masih aktif.Bila penerima offline tidak menjawab dalam waktu singkat, pengirim yang online tak akan dapat berkomunikasi dengan orang itu.

Kalau sobat sudah kadung nyaman dengan YM, jangan khawatir YM juga ada versi webnya lho, mau tahu? Kunjungi saja alamat ini http://webmessenger.yahoo.com. Kalau malas menggunakan bahasa Inggris, pilih yang versi bahasa Indonesia klik saja di sini http://id.messenger.yahoo.com/web dan masukkan akun YM yang telah sobat miliki.


Tampilan Yahoo! Messenger versi web cukup menarik dan rapi. Daftar kontak berada di sebelah kiri, sementara jendela buat chatting ada di tengah. Jendela IM ini berbentuk tab-tab mirip browser, hal ini untuk memudahkan bila sobat memiliki teman yang banyak.

Kalau bosan dengan tampilan standar YM seperti di atas, sobat bisa ganti dengan edisi Star Wars, loginnya di sini http://starwars.webmessenger.yahoo.com.

3 komentar:

  1. tadinya juga saya penggila meebo, tapi akhir2 ini nemu yang jauh lebih simple. coba deh http://imo.im

    :)

    BalasHapus
  2. Meebo yaa.. itu mah udah di pake sejak 2007.
    Udah saya tinggalkan pas awal 2008.
    Lagipula saya gak suka Chat..

    Lebih enak ngobrol di Forum, lebih terarah n bisa tuker pendapat, gak hanya asal bercanda.

    BalasHapus
  3. belum begitu tertarik ma meebo hehehe... secara byk temen yg pake YM.
    mana sekarang ada ebuddy yg memudahkan login ke YM :D

    BalasHapus