Tuesday 13 February 2024

5 Code Editor Online Paling Mudah Digunakan (dilengkapi Snippet)

5 Code Editor Online Paling Mudah Digunakan (dilengkapi Snippet). Bagi sobat yang suka membuat program komputer atau lebih populer disebut coding, kebutuhan code editor tidak diragukan lagi dapat mempercepat dan mempermudah pembuatan program.

Code editor online memberikan kemudahan plus karena tinggal pakai, tidak perlu ribet instalasi editor atau interpreter di komputer/PC sobat.

Ada beberapa code editor online yang mudah digunakan dan populer di kalangan pengembang karena dilengkapi dengan snippet (semacam jalan pintas).

Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. CodePen (https://codepen.io)

Code Pen

CodePen sangat mudah digunakan untuk membuat dan berbagi kode HTML, CSS, dan JavaScript. Didukung juga dengan snippet sehingga memudahkan penggunaannya. CodePen memiliki antarmuka yang intuitif dan fitur kolaboratif yang memungkinkan pengguna untuk berbagi proyek dengan mudah.

2. OneCompiler (https://onecompiler.com)

One Compiler

OneCompiler adalah platform daring yang menyediakan editor kode online untuk berbagai bahasa pemrograman.

Selain dapat menyunting kode di editor ini, sobat juga bisa melihat pratinjau yang menampilkan hasil dari kode HTML dan melihat tampilan halaman webnya.

Anda bisa juga menambahkan catatan untuk menyimpan informasi atau instruksi tambahan, selain juga membagikan kode dengan orang lain ditambah opsi mengunduh kode HTML yang telah Anda tulis.

3. JSFiddle (https://jsfiddle.net)

JS Fiddle

JSFiddle adalah editor kode online yang memungkinkan pengguna untuk membuat proyek dan snippet JavaScript, HTML, dan CSS. JSFiddle menyediakan tampilan real-time dari kode yang ditulis dan memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi proyek dengan mudah.

Didukung juga dengan pembuatan dan berbagi kode snippet dalam pengembangan web.

4. JSBin (https://jsbin.com)

JS Bin

Mirip dengan JSFiddle, merupakan editor coding online untuk HTML, CSS, and JavaScript, didukung dengan pembuatan dan pengaturan snippet, selain itu juga memiliki fitur kolaborasi. 

5. OnlineGDB (https://www.onlinegdb.com)

online GDB

Sebuah compiler dan debugger online gratis untuk bahasa pemrograman C/C++. Dan juga mendukung bahasa lainnya seperti HTML, Java, Python, dan banyak lagi.

 

Semua editor kode ini memiliki antarmuka yang intuitif dan menyediakan lingkungan pengkodean yang mudah digunakan bagi pengembang dari berbagai tingkat pengalaman.***

 

 

No comments:

Post a Comment