Tuesday 15 October 2019

Cara Terbaru Membuat User Form Excel Secara Online dengan OneDrive

Sobat, sudah lama saya tidak memposting apapun di blog ini. Sebelum ini saya banyak memposting tentang pembuatan aplikasi android dengan App Inventor. Namun pada kesempatan kali ini saya akan mencoba materi baru yaitu Microsoft Excel, lebih khusus lagi cara pembuatan userform Excel, yang dibuat dan diaplikasikan secara online dengan memanfaatkan OneDrive. UserForm adalah formulir isian yang memfasilitasi dan mempermudah input data ke dalam tabel Excel.

OneDrive adalah platform penyimpanan berbasis internet (cloud storage) mirip Google Drive. OneDrive ini sudah terintegrasi dengan Windows 10 dan sangat bermanfaat bagi pengguna Microsoft Office, karena selain bisa menampung file maupun folder yang berisi file-file Office, semacam Word, Excel, Power Point (kapasitasnya 5 GB diberikan secara gratis), juga menyediakan aplikasi Office secara online, sehingga bisa diakses di mana pun sobat berada.

Langkah pertama, rencanakan dulu membuat formulir untuk apa? Apakah untuk survei, formulir pendaftaran, mengumpulkan data, dsb. Sebagai contoh, kita akan membuat formulir untuk mencatat data siswa, yang dilakukan secara online dengan men-share tautan form-nya. Dan data yang masuk otomatis tersimpan sebagai tabel di lembaran Excel.

Selanjutnya tentukan apa saja yang akan ditanyakan atau data apa yang akan dikumpulkan. Misalnya kita memerlukan data NAMA LENGKAP, JENIS KELAMIN, TANGGAL LAHIR, dan ALAMAT.

Setelah perencanaan di atas siap, kita langsung saja menuju website OneDrive (https://onedrive.live.com/), atau dengan mengetikkan ‘onedrive’ di mesin pencari Google. Bila sudah ketemu websitenya, silakan registrasi untuk membuat akun dengan mengklik Sign Up. Untuk sinkronisasi sobat bisa download OneDrive untuk diinstal di Windows.

Selesai membuat akun OneDrive dan memverifikasinya lewat e-mail, silakan Sign In untuk mulai meng-eksplore OneDrive.
Seperti inilah tampilan akun OneDrive yang sobat miliki.




Untuk mulai membuat formulir, klik drop down menu (tanda panah bawah ‘v’ ) pada menu + Baru v lalu klik Formulir Survei (seperti gambar di atas) maka akan muncul jendela Microsoft forms.



Klik pada “Formulir tanpa judul”  buat judul form, misalnya BIODATA SISWA, klik pada “Enter a description” lalu ketikan misalnya “Isi data-data di bawah ini dengan benar”.




Kemudian klik tombol   + Add new pilih jenis Text .



Pada baris Question ketikkan NAMA LENGKAP:. Untuk menambah lagi baris tinggal klik   + Add new  , lalu pilih jenis jawaban dalam hal ini Choice (pilihan), pada Question ketikan JENIS KELAMIN:, pada Option 1 ketikan pilihannya: Laki-laki, pada Option 2 ketikan Perempuan. Selanjutnya klik   + Add new  lagi pilih format Date, kemudian ketik TANGGAL LAHIR:.



Kalau dirasa cukup, silakan klik tombol    Send     yang ada di menu di sebelah atas-kanan. Di sini sobat akan diberi pilihan, apakah link form akan di-  Copy  , buat QCode, disisipkan di website/blog  (</>), kirim ke e-mail, ke Twitter atau Facebook. Misalnya kita akan membagikan link-nya, maka tinggal mengkopinya.



Agar alamat URL tautannya tidak terlalu panjang. Sobat bisa memendekkannya dengan memanfaakan situs-situs URL shortener seperti  bitly.

Silakan coba link-nya dipaste ke kolom UL browser sobat lalu Enter. Kalau link-nya  benar, maka form akan muncul. Sekarang ujicoba form tersebut dengan mengisinya, kalau selesai, klik    Submit  . Untuk mengisi data baru, kosongkan form dengan mengklik ‘Submit another response, maka form akan kosong siap untuk diisi kembali.

Untuk mengecek apakah data-data sudah masuk, silakan kembali ke OneDrive, klik menu drop down  OneDrive.




Lalu klik Semua aplikasi, kemudian klik Forms, cari formulir yang sudah dibuat di My forms  kemudian klik, maka formulir yang kita buat akan muncul, perhatikan tab kanan dari Questions yaitu Responses klik tab ini maka data-data yang diinput akan muncul di sini. Untuk melihatnya di Excel dalam bentuk tabel, silakan klik Open in Excel maka otomatis lembaran Excel yang berisi data ini  akan di-unduh, yang bisa sobat buka dan lihat hasilnya. Tabel ini bisa sobat edit dan rapikan, yang selanjutnya bisa diarsipkan atau dicetak.

Demikian semoga bermanfaat. Bila ada ide atau ingin menambahkan cara pembuatan userform ini, silakan sobat tulis di kolom komentar.

1 comment: