Thursday 7 March 2019

Cara Membuat Cover E-book Android dengan App Inventor

Cara Membuat Cover E-book Android dengan App Inventor. Walaupun ada peribahasa Don’t judge a book by its cover, tetap saja cover atau jilid buku memegang peran penting sebagai etalase isi buku tersebut, cover sebuah buku masih mampu memikat dan menarik minat calon pembacanya. Begitu pula dengan e-book atau buku elektronik yang kini banyak dipajang di Google Play, covernya mesti diupayakan semenarik mungkin, dengan desain grafis yang profesional.


Kali ini saya ingin berbagi mengenai cara membuat cover e-book android dengan menggunakan App Inventor, jadi langsung saja sobat persiapkan:
1. Software desain grafis yang biasa sobat gunakan seperti Corel Draw, Photoshop, atau Illustrator,
2. App Inventor yang online atau yang offline,
3. Foto/gambar, logo, judul yang akan ditampilkan di cover e-book,
4. Emulator Koplayer atau smartphone sobat (Koplayer bisa didownload di sini).

Hal pertama yang mesti dilakukan adalah mengetahui ukuran cover e-book yang sesuai dengan gadget yang banyak digunakan. Hasil dari coba-coba yang saya lakukan dengan App Inventor, menemukan ukuran yang pas untuk cover android, yaitu:

360 piksel x 567 piksel atau 12,7 cm x 20 cm, dengan resolusi 72.

Namun, terserah sobat mau mengambil ukuran seperti saya, atau sobat cari sendiri sesuai gadget yang dipunyai.

Kalau ukuran sudah ditetapkan, tinggal sobat mendesainnya pakai Corel Draw atau Photoshop. Contoh hasil desain saya yang sudah jadi:



Buka App Inventor, buat app baru (Start new project) beri nama misalnya coverku.
Pada Screen1 ubah properties AlignHorizontal dan AlignVertical menjadi Center. Hilangkan tanda contreng pada ShowStatusBar dan TitleVisible.

Drag-n-drop komponen VerticalScrollArrangement dari Pallette>Layout ke Viewer. Ubah AlignHorizontal: Center, Height dan Width menjadi Fill parent.

Drag-n-drop komponen Image dari Pallette>User Interface ke Viewer. Pada properties Image1 biarkan Height dan Width Automatic. Klik None di bawah Picture lalu Upload File… klik Pilih File cari file cover yang sudah dibuat sobat, kemudian OK. Udah beres.

Sekarang tinggal membuat tombol untuk mulai masuk dan membaca ebook, untuk itu silakan klik lagi Screen1 pada kolom Components, kemudian centang Scrollable pada Properties-nya untuk bisa melihat semua tampilan cover.

Drag komponen HorizontalArrangement dari Pallette>Layout lalu drop di batas paling bawah dari VerticalScrollArrangement yang sudah ada di Viewer. Seperti gambar di bawah ini:



















Ubah Properties-nya: AlignHorizontal dan AlignVertical menjadi Center, BackgroundColor: Gray, Height: Automatic dan Width Fill parent.

Drag-n-drop Button dari Pallette>User Interface ke dalam HorizontalArrangement yang berwarna Gray tersebut. Ubah tulisan Text for Button1 menjadi "Buka" atau "Baca", ubah TextColor menjadi White dan BackgroundColor: None.




Setelah selesai, buat file apk-nya, klik menu drop-down Build>App ( save .apk to my computer ). Klik kanan pada file apk coverku.apk lalu klik Di-install ke KOPLAYER, Hasilnya adalah:


Semoga bermanfaat.***

2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

  2. dicoba keberuntungannya bersama dengan kami di ionqq*com
    hanya dengan minimal deposit 20.000
    ayooo buruan bergabung kami tunggu ya ^^

    ReplyDelete