Tuesday 19 February 2019

Cara Membuat Banner Promosi di Instagram dengan Corel Draw 2018

Cara Membuat Banner Promosi di Instagram dengan Corel Draw 2018. Dari tahun ke tahun pengguna sosial media Instagram di Indonesia terus meningkat, tercatat tahun 2017 saja, pengguna IG sudah menyentuh angka 45 juta. Rupanya masyarakat sudah mulai beralih pada konten yang lebih praktis, berupa konten gambar dan video dengan sedikit teks. Karena kepraktisannya itu, media sosial Instagram banyak dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis atau promosi lewat banner promosi.


Saat ini sudah banyak yang menyediakan jasa pembuatan banner promosi Instagram. Namun tidak ada salahnya sobat membuatnya sendiri, ada banyak template yang disediakan secara online dan gratis untuk pembuatan banner promosi ini, contohnya Canva. Juga bisa berkreasi sendiri dengan software yang sudah ada seperti PowerPoint, Photoshop atau Corel Draw. Sekarang kita coba membuatnya dengan Corel Draw.

Ukuran banner promo yang biasa saya buat adalah 500 x 500 pixel,sehingga ukuran filenya tidak melebihi 1 MB agar ringan untuk diposting di Instagram, sedangkan format gambarnya JPG atau PNG. Sebelumnya persiapkan foto/gambar, logo, atau background, jangan lupa kalimat/kata apa yang akan dituliskan untuk menarik viewer.

Di bawah ini adalah ukuran dokumen baru (Ctrl + N) Corel Draw:

Buat latar belakang dengan Interactive Fill tool, pilih Fountain fill agar ada gradasi.

Import semua foto/gambar, atau logo yang diperlukan.


Copy-kan teks-teks yang sudah dipersiapkan, kemudian atur besar-kecilnya, tentukan jenis font-nya, bantu dengan Outline pen, Drop Shadow tool, atau strip latar (Rectangle) berwarna supaya  jelas dan mudah dibaca. Di bawah ini adalah cara membuat outline huruf, caranya klik kata/huruf yang akan di-outline lalu  tekan Ctrl + T (Text Properties) atau klik dua kali di kotak di samping icon pen yang letaknya ada di sudut bawah.



Komposisikan dengan foto/gambar agar terlihat seimbang dan menarik untuk  dilihat.
Hasilnya seperti di bawah ini:



Dan siap untuk diposting di Instagram.





2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

  2. dicoba keberuntungannya bersama dengan kami di ionqq*com
    hanya dengan minimal deposit 20.000
    ayooo buruan bergabung kami tunggu ya ^^

    ReplyDelete