Sabtu, 15 Februari 2014

Cara Instal Font pada Mac OS

Font adalah istilah yang digunakan pada komputer untuk jenis huruf yang diketikkan. Terdapat puluhan bahkan ratusan ribu jenis font yang tersedia untuk komputer. Untuk dapat digunakan pada komputer, font perlu terlebih dahulu diinstal di komputer anda.
Cara menginstal jenis huruf atau font sedikit berbeda dengan cara menginstal software komputer. Setiap sistem operasi seperti Mac Os, Linux, Windows memiliki cara yang sedikit berbeda satu sama lainnya.

Mac OS X mendukung format TrueType (.ttf) dan OpenType (.otf) namun tidak mendukung format BitmapFont (.fon). Pastikan agar setiap font yang ingin diinstal tidak dalam keadaan terkompres seperti zip.rar dsb.

Instal Font Pada Mac OS 9 atau Versi Sebelumnya
Drag-drop (klik dan tahan) font yang ingin diinstal ke folder System. Setelah itu System akan menambahkan font tersebut. Yang perlu diperhatikan adalah tidak semua font saat ini dapat mendukung di sistem operasi Mac OS 9. Oleh karena itu bila anda mendownload font di internet pastikan terdapat informasi tambahan mengenai dukungan OS yang tersedia.

Instal Font Pada Mac OS X
Copy-kan font yang ingin diinstal kedalam /Library/Fonts (untuk semua user) atau kedalam/Users/UserNameAnda/Library/Fonts (bila font tersebut terbatas digunakan untuk anda sendiri)
Instal Font Pada Mac OS X 10 atau Versi Diatasnya
Klik 2x pada font yang ingin diinstal > pilih Instal Font.

1 komentar: