Kamis, 17 Oktober 2013

Rilis Mac OS X Mavericks Dikonfirmasi 22 Oktober

VERSI terbaru dari OS X telah diumumkan dan akan diluncurkan segera. Apple kini meminta para pengembang Mac untuk mengirimkan aplikasi untuk dioptimalkan bagi OS X Mavericks. Pada halaman web Apple "News and Announcements" untuk para pengembang yang terdaftar, perusahaan ini menyatakan:

"Kirim apps OS X Mavericks hari ini. Pastikan aplikasi Anda mengambil keuntungan dari fitur-fitur baru yang bagus di OS X Mavericks ketika sistem operasi desktop yang paling canggih di dunia tersedia bagi jutaan pelanggan di musim gugur ini. Download seed OS X Mavericks GM dan Xcode 5.0.1 GM, yang sekarang tersedia di Mac Dev Center. Buat aplikasi Anda dengan seed terbaru ini, kemudian uji dan menyerahkan ke Mac App Store."



Update perangkat lunak, yang dijuluki OS X Mavericks dan diberi nomor 10.9, mengusung lebih dari 200 fitur baru di atas OS X 10.8 Mountain Lion, banyak diambil dari Apple iOS. Termasuk sebuah aplikasi iBooks, aplikasi Maps, AirDrop yang kompatibel dengan iOS, dan mendorong notifikasi Safari. Mavericks juga menambahkan sejumlah perbaikan, termasuk browsing Finder bentuk tab dan dukungan monitor multilayar yang jauh lebih baik. OS X 10.9 Mavericks akan dirilis mungkin akhir Oktober. Gold Master (versi pengiriman akhir) sudah tersedia untuk para pengembang.

Meskipun harga untuk OS X 10.9 belum diumumkan, tahun lalu OS X Mountain Lion dihargai hanya US$ 19,99 di Mac App Store. Diharapkan Apple akan menyamakan atau bahkan menurunkan harga  OS X Mavericks ini.

Sementara itu, Apple telah mengirimkan undangan untuk sebuah acara pada 22 Oktober, yang secara luas diperkirakan akan mengungkap sejumlah produk baru. Undang itu berbunyi: "Kami masih memiliki banyak sesuatu untuk diungkap." Ini mungkin termasuk layar Retina untuk iPad Mini, iPad baru dengan ukuran penuh, komputer baru MacPro, serangkaian laptop MacBook baru dan potensi update untuk OS X Mavericks, serta tanggal rilis. Acara ini akan berlangsung di Yerba Buena Center for the Arts di San Francisco.

Untuk mempelajari  OSX Mavericks lebih lanjut klik di sini.