Senin, 18 Maret 2013

Pengobatan Menakjubkan di Gua Pegunungan Austria



Di gua penyembuhan Gastein, di pegunungan Radhausberg, Austria, sebuah bentuk terapi kontroversial dengan gas radon radioaktif telah digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk arthritis, bronkitis kronis, dan penyakit kulit.
Staf medis setempat menjelaskan tentang manfaat penyembuhan dari gas radon tingkat rendah yang ditemukan di gua-gua ini, mereka katakan bisa mengatasi nyeri yang berkelanjutan, mengurangi ketergantungan pada obat, merangsang kemampuan pertahanan tubuh, dan membantu orang-orang yang menderita bertahun-tahun.
Ini mungkin cukup mengherankan, namun pasien yang berkunjung ke sini tahun lalu mencapai 75.000, sebagian besar dari Eropa Tengah. Terapi ini sangat diterima di Austria dan Jerman, dan ada dalam asuransi kesehatan.
Para penambang pertama yang datang ke gunung ini tahun empat puluhan untuk mencari emas menemukan hilangnya keluhan pada kesehatan mereka. Studi yang dilakukan oleh Universitas Innsbruck, Austria mengidentifikasi suhu di sana 41 derajat Celsius, kelembaban yang tinggi dan adanya radon.
Namun terapi ini hampir tidak dikenal di Inggris. Paramedis yang telah mendengar tentang pengobatan ini cenderung menganggap radon dengan kecurigaan, dalam dosis tinggi gas ini diyakini menjadi racun dan dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru.
Dr Hasan Tahir, seorang konsultan rheumatologist di Whipps Cross University Hospital di East London, mengatakan: "Ini mungkin menjadi pilihan yang menarik bagi pasien untuk melakukanl perawatan ini selain pengobatan konvensional. Namun, sepertinya radon berpotensi karsinogenik, pada dosis yang jauh lebih tinggi. Saya ingin melihat lebih banyak data aman dalam jangka panjang."
Namun, dokter di klinik gua ini mengatakan radon dalam gua benar-benar aman. "Penelitian ilmiah telah menunjukkan paparan dosis rendah radon merangsang perbaikan DNA,bereaksi antioksidan dan respon pada kekebalan. Dan tidak ada efek samping yang pernah dilaporkan," kata Dr Liane Weber, yang telah bekerja di klinik ini selama satu dekade,
bersama tim fisioterapi dan terapis pijat.
Argumen bahwa tingkat rendah radon mungkin menyembuhkan didasarkan pada prinsip ilmiah yang disebut hormesis, yaitu dosis kecil dari zat tertentu mungkin menguntungkan, bahkan jika dosis tinggi zat itu berbahaya atau mematikan.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar