Senin, 25 Maret 2013

Cokelat Dapat Mengurangi Risiko Stroke

BOLLYWOODSHAADIS.COM
Inilah berita menggembirakan bagi penggemar cokelat, ada konfirmasi resmi bahwa kesenangan favorit ini ternyata baik bagi kesehatan.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa dengan hanya makan sebatang cokelat, memiliki efek langsung pada otak dan dapat mengurangi risiko stroke.

Pada penelitian sebelumnya telah ditunjukkan bahwa makan coklat hitam dalam jumlah sedang bisa baik untuk kesehatan. Namun studi terbaru, dalam jurnal Neurology, menunjukkan untuk pertama kalinya bagaimana cokelat mempengaruhi pembuluh darah.

Para peneliti di Universitas Glasgow mengukur kecepatan darah mengalir melalui arteri terbesar dalam otak saat subjek makan coklat sambil berbaring.

Mereka menemukan bahwa cokelat memiliki efek pada kadar karbon dioksida yang mempengaruhi pembuluh darah, meningkatkan aliran darah dan, pada gilirannya, berdampak pada sel-sel otak.

Profesor Matthew Walters, yang memimpin penelitian itu, mengatakan kepada The Mail pada hari Minggu: "Konsumsi cokelat yang normal dikaitkan dengan perubahan kekakuan pembuluh darah. Data kami konsisten dengan efek langsung dari cokelat di pembuluh darah otak."

"Ini menimbulkan kemungkinan bahwa ada efek langsung dari beberapa komponen cokelat pada pembuluh darah. Hal ini masuk akal karena adanya molekul flavonoid yang terkandung dalam coklat," jelasnya, yang lantas menambahkan, "Kami pikir penurunan risiko stroke dapat disebabkan oleh cokelat yang mengubah cara otak pembuluh darah berperilaku."

Manfaat flavonoid, yang ditemukan di tanaman kakao, merupakan antioksidan yang berkontribusi terhadap pencegahan penyakit jantung. Namun, cokelat juga memiliki kadar gula tinggi dan kadar lemak yang dapat menyebabkan obesitas, sebuah faktor risiko yang pasti untuk stroke.

Tom Solomon, profesor neurologi di Universitas Liverpool, mengatakan: "Kita harus tetap berhati-hati dengan temuan baru ini." ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar