Friday 8 February 2013

Soft Drink Merusak Gigi



Seorang pencandu minuman soda yang minum delapan liter cola setiap hari telah kehilangan semua giginya.

Seorang pekerja hotel di Australia, William Kennewell telah mengabaikan peringatan berulang kali dari dokter gigi mengenai kesukaannya pada minuman ringan yang akan merusak giginya, dan kini terpaksa harus menggunakan satu set lengkap gigi palsu pada usia 25 tahun.

Kecanduan Kennewell terhadap minuman manis ini bahkan menyebabkan dia keracunan darah.

"Saya minum antara enam dan delapan liter minuman ringan, sebagian besar cola, setiap hari. Aku diberitahu orang normal memiliki sekitar 23 gigi, tetapi aku hanya tersisa 13 gigi dan itupun harus disingkirkan," katanya kepada surat kabar The Advertiser di Adelaide.

Kennewell, yang tinggal di Salisbury, 15 mil sebelah utara Adelaide, menambahkan: "Ini dimulai karena saya bukan penggemar air bening dan bekerja di industri hotel, aku punya akses mudah ke Coke."

"Karena gigi saya membusuk begitu parah, hal ini menyebabkan keracunan darah yang membuat saya sakit, tapi kesehatan saya membaik dengan gigi palsu," tambahnya.

Ahli kesehatan Australia kini menggunakan kecanduan Kennewell sebagai studi kasus untuk menunjukkan mengapa anak-anak harus menghindari minuman bersoda.

Dr Jason Armfield, peneliti senior Pusat Penelitian Australia untuk Kesehatan Oral Penduduk telah menyerukan peringatan kesehatan pada label minuman ringan untuk memasukkan risiko kerusakan gigi.***

No comments:

Post a Comment