Selasa, 26 Februari 2013

Seafood Dapat Menyembuhkan Gigi Sensitif


 Lem alami yang digunakan kerang untuk menempel pada batu bisa membantu penyembuhan gigi sensitif, menurut penelitian baru.
Sekresi lengket makhluk laut ini telah mengilhami para ilmuwan untuk membuat suatu senyawa yang dapat digunakan untuk membantu memperbaiki gigi yang rusak.
Tiga dari empat orang memiliki gigi yang sensitif terhadap panas, dingin, makanan manis atau asam dan minuman.
Kondisi ini terjadi ketika lapisan enamel keras luar pada gigi dan dentin lembut terkikis, merangsang saraf di dalamnya.
Permen karet bebas gula dan pasta gigi tertentu bisa meringankan rasa sakit itu, tetapi Quan-Li L, dari  Anhui Medical University, 
China dan Chun Hung Chu, dari University of Hong Kong, mencari suatu zat yang dapat mengembalikan enamel dan dentin pada saat yang sama.
Mereka terinspirasi dari lem yang digunakan oleh kerang, dan beralasan bahwa bahan yang sama tersebut bisa membantu menjaga mineral kontak dengan dentin dengan cukup lama untuk pemulihan.
Mereka menciptakan bahan polydopamine lengket dicampur dengan mineral kalsium dan fosfat.
Dalam tes di laboratorium, seperti dilaporkan jurnal Applied Materials and Interfaces, gigi yang berselubung bahan lengket dan mineral mereformasi dentin dan enamel.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar