Minggu, 17 Februari 2013

Buah dan Sayur Membuat Kulit Bersinar



Apakah mungkin kulit bisa bercahaya dengan makanan sehat? Jika sebuah penelitian terbaru bisa dipercaya, jawabannya adalah ya.

Menurut penelitian itu, makan setidaknya tiga porsi buah dan sayuran setiap hari, termasuk wortel, kubis dan buah kiwi, memberikan kulit bercahaya 'sehat' kecokelatan hanya dalam beberapa minggu.

Para psikolog dari Universitas St Andrews menganalisis dampak dari mengkonsumsi sayur dan buah-buahan terhadap persepsi warna kulit. Beberapa foto telah diminta dari pria dan wanita untuk menganalisis warna kulit mereka sebelum dan sesudah periode uji. Para peneliti menemukan bahwa meningkatnya konsumsi buah dan sayuran menyebabkan pewarnaan kulit alami merah dan kuning yang kuat.

Mereka telah menghitung bahwa 2,9 porsi buah dan sayuran sehari selama enam minggu cukup untuk membuat orang terlihat lebih sehat, sedangkan 3,3 porsi akan meningkatkan daya tarik.

Dalam proyek kedua, peserta diminta untuk menilai foto-foto mereka seberapa menarik wajahnya. Ternyata mereka dengan "cahaya yang sehat" dianggap paling diinginkan.

Temuan ini bisa digunakan bagi para juru kampanye yang tengah berupaya membujuk orang untuk makan lima porsi buah dan sayuran sehari, karena produk tersebut tidak hanya sehat, tetapi membuat pemakainya lebih menarik.

"Hasil kerja kami bisa persuasif dalam memotivasi individu untuk menjauhkan diri dari bahaya paparan ultraviolet karena berjemur, yang kami pertunjukkan menjadi cara yang lebih efektif untuk meningkatkan penampilan," kata Dr Ross Whitehead, yang memimpin penelitian ini.

"Kami menemukan bahwa warna kulit yang berhubungan dengan konsumsi buah dan sayuran mempengaruhi kesehatan dengan jelas untuk tingkat warna cokelat yang lebih baik," tambahnya.

Karoten, nutrisi yang bertanggung jawab untuk warna-warna dalam makanan, termasuk wortel dan ubi jalar, dianggap bertanggung jawab atas efek tersebut. Karotenoid juga hadir di semua lapisan kulit manusia.

Ada ratusan jenis karoten, namun beta-karoten dan lycopene adalah yang paling dipelajari dan berhubungan dengan sejumlah manfaat kesehatan. Karotenoid dalam retina, misalnya, bisa melindungi mata. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar