Senin, 24 Mei 2010

Hubble Menemukan sebuah Bintang "Memakan" Planet

SEBUAH planet terpanas di Galaksi Bima Sakti mungkin juga memiliki usia hidup terpendek. Planet tersebut sedang menjelang ajalnya karena dimangsa oleh bintang induknya, kejadian ini berhasil diamati instrumen baru teleskop luar angkasa Hubble, Cosmic Origins Spectrograph (COS), belum lama ini. Planet tersebut mungkin hanya memiliki usia 10 juta tahun sebelum benar-benar habis dimakan.

Planet, yang disebut WASP-12b, sangat dekat dengan bintang mirip matahari sehingga suhunya hampir 2.800 derajat Fahrenheit dan tertarik membentuk bola lonjong akibat tarikan bintang induknya yang sangat besar. Atmosfernya telah menggelembung hampir tiga kali jari-jari Jupiter dan menumpahkan material ke bintang tersebut.

"Kami melihat awan besar material di sekitar planet, yang lolos dan akan ditangkap oleh bintang. Kami telah mengidentifikasi unsur-unsur kimia yang belum pernah terlihat di planet-planet di luar tata surya kita," kata ketua tim Carole Haswell dari Open University, Inggris, yang ditulisnya dalam The Astrophysical Journal Letters, dan dilansir "ScienceDaily".***

2 komentar:

  1. diplanet aja bisa makan2an, apalagi di bumi hehehhe
    nice info sob

    btw linknya dah saya pasang yach, makasih :)

    Regards,

    Ghustie Samosir
    www.hanyainfo.blogspot.com

    Khusus Dewasa Klik Disini atau Disini

    BalasHapus