Minggu, 31 Januari 2010

Ketahanan Batere Laptop

SEIRING dengan perkembangan teknologi, para pengguna laptop, notebook atau netbook semakin dimanjakan dengan beragam fitur, komponen hardware pun terus ditingkatkan. Tapi tetap saja yang menjadi titik lemah komputer jinjing ini ada pada sisi baterenya.

Saat dipergunakan dalam perjalanan, fitur-fitur yang dianggap canggih dalam sebuah laptop tidaklah ada artinya bila sumber tenaga listriknya tidak mendukung secara optimal.

Lalu timbul pertanyaan, benarkah apa yang diiklankan produsen laptop selama ini sesuai dengan kenyataan, bahwa batere notebook keluaran mereka bisa tahan sampai 8 atau 10 jam? Pada prakteknya kurang dari yang digembar-gemborkan itu. Apa masalahnya? Apakah produsen notebook itu berbohong?

Pada galibnya, ketahanan batere notebook diuji dengan aplikasi MobileMark. Pada saat pengujian dengan aplikasi itu, secara praktis notebook tidak menjalankan apa-apa, misalnya tidak konek dengan Wi-Fi, tidak sedang memutar CD, tak ada perangkat tambahan, dan sebagainya. Hasil pengujian inilah yang dijadikan referensi untuk menentukan lamanya kekuatan batere, jadi inilah angka yang dicantumkan dan digembar-gemborkan dalam iklan tersebut.

Sementara saat kita menggunakan notebook tersebut, kondisinya tentu tidak sama seperti saat pengujian, yang akibatnya daya tahan batere tidak sama seperti yang diiklankan.
Setiap orang berbeda cara menggunakan notebooknya. Ada yang lebih banyak main game, menonton film DVD, atau sekadar mengetik. Ini juga menjadi penyebab menurunnya ketahanan batere.

Seiring dengan usia pemakaian laptop, keefektifan baterenya pun akan surut. Apalagi proses cas yang berulang-ulang, ketahanan akan terus berkurang. Batere, misalnya jenis Li-On, memiliki umur rata-rata 2 hingga 3 tahun.

Untuk mengoptimalkan penggunaan dan performa batere pada notebook terbaru, ada sebuah aplikasi yang sangat berguna namanya BatteryCare. Software ini mampu memonitor siklus discharge betere, dan diklaim mampu meningkatkan umur penggunaan batere.
BatteryCare 0.9.7.7. yang berukuran 933 KB ini bisa diunduh secara gratis di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar