Rabu, 20 Agustus 2008

Ponsel dengan Layar Sentuh Mulai Populer

KESUKSESAN perusahaan Apple memperkenalkan iPhone ke pasar telepon seluler (ponsel), rupanya telah menginspirasi perusahaan-perusahaan besar perangkat mobile di dunia untuk mengadopsi teknologi yang sama yang kini sedang tren, yaitu teknologi layar sentuh (touchscreen).

Di tahun-tahun mendatang, diprediksi beberapa kalangan, teknologi sentuhan jari ini akan sangat populer dan mendominasi pasaran ponsel. Tahun ini saja permintaan akan display
touchscreen telah meningkat dua kali lipat hingga tahun 2012.

Sejumlah vendor, sebut saja Sony Ericsson, Samsung, Nokia, LG, Motorola, Philips, bahkan perusahaan dari China mulai menawarkan fitur layar sentuh pada produk-produknya.

Anda pasti mengenal Sony Ericsson seri P800i, ponsel keluaran tahun 2002 ini merupakan ponsel pertama buatan Sony Ericsson yang telah mengusung teknologi layar sentuh. Walaupun telah cukup berpengalaman dalam teknologi yang ditemukan tahun 1971 oleh Dr. Samuel C. Hurst ini, Sony Ericsson masih terus berinovasi melalui software-software barunya. Ponsel Sony Ericsson terbaru yang sudah dilengkapi layar sentuh ini bisa dijajal pada seri P1i dan W960i.

Hal yang sama dilakukan Samsung, dalam jumlah terbatas perusahaan asal Korea ini telah memperkenalkan teknologi ini bahkan sebelum sempat populer. Tercatat dua
handset keluaran Samsung yang telah dilengkapi layar sentuh, Samsung W619 dan Dual-On W579. Di kategori smartphone, tahun ini Samsung memperkenalkan seri i780, selain berlayar sentuh, juga didukung 3G/HSDPA juga sudah built-in GPS.

LG Mobile juga seolah tak ketinggalan melengkapi layar sentuhnya walaupun untuk seri tertentu. KU990 Viewty dan KF510 adalah beberapa di antaranya, ponsel ini sudah memiliki fitur
multi touchscreen yang disediakan untuk metode SMS.

Bagaimana dengan raksasa ponsel Nokia? Perusahaan asal Finlandia ini rupanya agak terlambat dibanding para pesaingnya. Namun tahun ini Nokia akan menggeber ponsel layar sentuh pertamanya, yaitu Nokia XpressMusic 5800. Mau tahu speknya? Ponsel berukuran 111 x 52 x 14,5 dengan bobot 104 gram ini memiliki layar sentuh berukuran 3,2 inchi dengan 16 juta warna, koneksi GSM dan 3G/HSDPA, Wi-Fi, GPS, Bluetooth 2.0, dan kamera 3,2 megapiksel.

Bicara soal layar sentuh, tidak akan lepas dari nama HTC. Semua produk dengan merek HTC Touch telah dilengkapi dengan teknologi layar sentuh, TouchFLO, sebuah teknologi layar sentuh hasil pengembangan perusahaan dari Taiwan ini. Salah satu andalan di tahun ini adalah HTC Touch Diamond. Malahan ponsel ini telah menggunakan teknologi Touch 3D, sebuah teknologi layar sentuh 3 dimensi.

Philips, yang dikenal dengan kekuatan baterenya, pernah meluncurkan Philips 755 yang merupakan ponsel pertama dengan layar sentuh. Seri berikutnya adalah Philips 9@9t yang melengkapi diri dengan teknologi layar sentuh dengan 65.000 warna.

Sementara vendor asal Negeri Paman Sam, Motorola, sudah sejak lama menawarkan teknologi layar sentuh TFT-nya pada seri E680 dengan resolusi 320 x 240 piksel, sedangkan Motorola A1200 memiliki layar sentuh berukuran 2,4 inchi, resolusi 240 x 320 piksel dengan ketajaman warna 262.000. (
Didin Rosidin/dari berbagai sumber)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar