Rabu, 13 Juli 2016

Cara Membuat Nomor Halaman di Dokumen QuarkXPress

MEMBUAT nomor halaman di dokumen QuarkXPress sering dilakukan dengan cara manual, hal itu memang mudah dilakukan bila kita bekerja dengan jumlah halaman yang sedikit. 

Namun, bagaimana jika kita bekerja dengan jumlah halaman yang sangat banyak, seperti membuat sebuah novel, buka, atau semacamnya? Akan menjadi pekerjaan yang cukup melelahkan jika dilakukan dengan cara manual satu per satu.

Nah, kali ini saya ingin sharing bagaimana cara cepat memberi nomor pada halaman QuarkXPress.

  1. Pertama buka aplikasi QuarkXPress, buat dokumen baru File>New>Project atau tekan Ctrl+N (untuk Mac: Cmd+N). Size bebas mau A4, A3, legal .... klik OK.
  2. Setelah dokumen tampil, buka jendela Page Layout di menu Window>Page Layout, maka dokumen baru yang telah kita buat akan tampil ikonnya di jendela ini, tampaknya baru ada 1 halaman yang ditandai dengan huruf "A" di tengahnya. Coba perbanyak dengan cara menyeret A-Master A ke bawah dekat halaman yang sudah ada, bisa menempel di garis, di samping atau di bawah halaman yang sudah ada, atau teratur ke bawah. (Ingat menyeret A-Master A, jangan Blank Page yang ada di atasnya).
  3. Silakan double klik pada ikon A-Master A di jendela Page Layout tersebut, maka akan muncul halaman Master kembar yang ditandai dengan ikon link terputus di sudut kiri-atas di kedua halaman tersebut. Untuk membuat nomor halaman, buat dulu lahan teks dengan meng-klik Text Content di jendela Tool, buat lahan untuk nomor di kedua halaman Master tersebut; bisa di bawah-tengah, atas-tengah, kiri-atas, kanan-atas, kiri-bawah, atau kanan-bawah. Tekan Ctrl-3 (Cmd+3) maka akan muncul tanda pagar # tempat nomor halaman akan tercetak. Sobat bisa menambahkan kata Page, Hlm., atau ditambah judul, tanggal, dsb, jangan lupa perataannya, kiri, kanan, atau tengah. 
  4. Nah, sekarang kembali ke jendela Page Layout, coba double klik
    pada salah satu halaman yang sudah ada, maka otomatis semua halaman akan ditandai dengan nomor halaman secara berurutan dari atas ke bawah.

Agar lebih jelas bisa dilihat di tayangan video:



Demikian tutorial ini semoga ada manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar