Minggu, 18 Mei 2014

Membuat Proteksi Folder di Macintosh OS

Di Windows untuk memproteksi folder/file tanpa bantuan software, biasanya menggunakan program bacht file di DOS atau memanfaatkan enkripsi WinRAR.
Dalam lingkungan OS X proteksi folder dengan password bisa memanfaatkan pembuatan file image.

Langkah-langkahnya seperti di bawah ini:
1. Buka Disk Utility yang ada di folder Applications>Utilities. Agar lebih cepat bisa dicari dengan spotlight.

2. Setelah Disk Utility muncul, klik bagian New Image, isi di bagian Save As misalnya dengan "Rahasia", untuk Where biarkan di Desktop, dan Name samakan "Rahasia", Size bisa diisi berapa kapasitas yang diinginkan. Format: Mac OS Extended (Journaled), Encryption: 128-bit AES encryption (recommended), Partitions: no partition map, Image Format: read/write disk image. Setelah selesai klik Create.

3. Maka akan muncul jendela untuk pengisian password beserta verify-nya, silakan diisi, dan jangan lupa menghilangkan centang pada Remember password in my keychain. Lalu tekan OK.
4. Tunggu proses Creating Image "Rahasia.dmg".

5. Setelah selesai, di desktop akan muncul disk image "Rahasia" dan "Rahasia.dmg". Tutup jendela Disk Utility. Buka file "Rahasia" dengan klik kanan atau double klik. Maka akan terbuka folder untuk menyimpan file. Kita coba Eject file ini atau drag ke tempat sampah.

6. Sekarang double klik pada file "Rahasia.dmg", maka Anda akan diminta password, silakan isikan password yang sudah Anda buat tadi. Kemudian file "Rahasia" akan muncul lagi.

7. Sekarang buka file "Rahasia" tersebut. Di desktop coba anda buat folder baru dengan klik kanan New Folder, beri nama misalnya "dokumen penting" untuk menyimpan file-file Anda yang tidak ingin dilihat orang lain, kemudian drag n drop ke dalam folder "Rahasia" yang telah terbuka. Jangan lupa menghapus folder "dokumen penting" yang masih ada di desktop.

8. Tutup jendela "Rahasia" kemudian Eject. Dan bila di double klik lagi pada "Rahasia.dmg" maka folder "Rahasia" akan muncul kembali beserta folder yang ada di dalamnya. Nah silakan folder yang ada di dalamnya Anda isi dengan file-file rahasia Anda.

9. Jangan lupa bila sudah digunakan folder "Rahasia" harus di-Eject ke tempat sampah dan di-kosongkan dengan "Secure Empty Trash" di menu Finder.

10. Dan untuk menghilangkan kecurigaan, simpan file "Rahasia.dmg" ditempat yang tidak mudah dilihat orang.

Demikian semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar